horizontal banner

Tuesday 10 July 2012

AKU HENDAK MEMILIH HOMESCHOOLING



Pertama kali dengar istilah ini adalah ketika saya sedang asyik browsing artikel parenting di internet. Eh, nggak sengaja ketemu dengan istilah yang saat itu belum familiar di telinga. Acara browsing-pun berlanjut. Semakin penasaran dan penasaran saya dibuatnya. Ternyata konsep homeschooling (HS) menurut saya luar biasa. Itks soo cool. Bagaimana tidak? Karena HS ini nampaknya begitu mampu mencapai tujuan saya dan suami dalam hal pendidikan anak. Check this out;) :


1. Orangtua bebas memilih metode pengajaran dan kurikulum pendidikan.

2. Terkait no.1 di atas, saking "bebas"nya, anak tidak terikat dengan peraturan sekolah yang menurut saya pribadi "banyak cengkune"nya: jam 7 start sekolah, pakai seragam ini itu, bla bla bla.

3. Biaya pendidikan langsung mengena sasaran. Bagi saya biaya gedung sekolah itu tidak langsung mengena sasaran. Yes, di HS kita tentu tidak perlu bayar uang gedung toh?;)

4. (Yang 1 ini saya senaaaaang sekali) Anak tidak perlu belajar hal-hal yang "tidak penting". Bagi saya, menghafal berapa panjang dan lebar lapangan voli itu tidak penting sama sekali :D

5. (Yang 1 ini menurut saya juga keren banget) Karena orangtua lebih banyak terjun langsung dalam pendidikan anak, teorinya (mudah-mudahan prakteknya juga demikian) bonding antara anak dan orangtua akan semakin kuat.

6. Anak punya lebih banyak waktu untuk eksplorasi sesuai minat dan bakatnya. Bahkan, anak juga punya lebih banyak waktu untuk mulai belajar terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Isn't it cool or what? :) :) :) (oya 1 lagi, jangan takut dengan istilah HS, karena ini sama sekali bukan berarti bahwa anak akan dikurung di rumah untuk belajar. Not at all! Fiuh, legaaa...)

No comments:

Post a Comment