horizontal banner

Sunday 30 October 2011

Tidur Penting Banget Buat Anak!

Tidur penting banget buat anak. Saking pentingnya, tidur dimasukkan dalam "kurikulum pendidikan" yang harus orangtua terapkan di rumah. Begitu kata Dr. Chris Idzkiwoski, ahli masalah tidur dari The Edinburgh Sleep Centre.

1. Tidur dan proses belajar

Tidur penting dalam proses belajar. Dengan cukup tidur, kemampuan menghafal dan konsentrasi belajar akan meningkat. Dalam tidur ada proses konsolidasi memori, artinya saat tidur semua ingatan anak pada saat itu akan diproses sehingga mudah dikeluarkan saat dibutuhkan kembali. Tidur juga meningkatkan kreativitas dan kemampuan analisis anak. Hormon-hormon yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi kerja otak aktif diproduksi saat anak sedang tertidur pulas. Kondisi tersebut memungkinkan sel-sel saraf merakit pengetahuan yang permanen sifatnya.

2. Tidur dan kebugaran

Berdasarkan penelitian, selama tidur semua sel tubuh (termasuk sel otot, hati, ginjal, tulang sumsum dan sel otak) mengalami pemulihan. Dengan demikian, anak akan lebih bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu, hormon kortisol, yaitu hormon yang membantu anak menghadapi stres dan mengurangi kepenatan, mencapai titik tertinggi sejak tengah malam hingga pagi dini hari. Jadi tidak heran jika anak akan tampak loyo apabila jam tidur malamnya kurang.

3. Tidur siang tidak kalah penting

Tidur siang juga tidak kalah penting lhoo Bu, Pak..terutama bagi bayi dan balita (sebagian besar anak akan berhenti tidur siang setelah berusia 5 tahun ke atas). Manfaat tidur siang yaitu:
a. Membantu agar anak tidak terlalu lelah yang bisa membuat anak rewel
b. Membuat otak kembali segar
c. Memberikan tubuh anak kesempatan untuk beristirahat.

Agar anak kita mudah tidur siang, yang dapat kita lakukan antara lain:
a. Memberikan makanan yang mengandung serotonin, seperti pisang, susu dan yoghurt.
b. Ciptakan suasana nyaman dan tenang.
c. Hindari makan terlalu banyak sebelum tidur, karena jika sistem pencernaan bekerja terlalu keras maka justru dapat mengusir kantuk.

Yuk, kita galakkan lagi jadwal tidur teratur buat anak-anak kita tercinta! :)


Sumber: Nakita No. 645/TH. XIII/8 - 14 Agustus 2011 halaman 24-25

No comments:

Post a Comment