horizontal banner

Wednesday 12 October 2011

Menjadi Orangtua Itu Indah

Saya adalah seorang ibu dari satu balita dan satu bayi...Puji Tuhan sudah sepasang, dimana si sulung laki-laki..Fiuh, mendidik si sulung ternyata tidak mudah ya..Memang tidak sedikit sih yang berkata bahwa mendidik anak laki-laki lebih sulit dibandingkan anak perempuan yang cenderung memang lebih penurut..Anak saya sendiri aktif, kadang saya suka merasa bahwa ia kelebihan energi, sehingga kalau sehari-hari energi kurang tersalurkan maka akan sulit bagi dia untuk tidur siang ;) Ia juga memiliki rasa ingin tahu yang besaaaar sehingga cenderung nampak "nakal" bagi banyak orang, misalnya: knop pada selang untuk menyiram air diputar-putarnya sehingga setelan-nya terus berganti-ganti alhasil menyiram tanaman memakan waktu lebih lama dari seharusnya; shower di kamar mandi bukannya diarahkan ke badannya saja melainkan juga ke atas-atas sehingga nyiprat kemana-mana; sandal bagian bawahnya diusap-usap ke tembok yang sudah tentu membuat tembok nampak kotor dsb.

Awal-awal saya menghadapi "tingkah" anak saya ini bawaannya emosiii, jadi teriak-teriak melulu, dan nggak jarang ujung-ujungnya saya menyesali respon saya ini. Hari demi hari, saya belajar. Saya terus belajar. Dengan berjalannya waktu, saya sudah lebih dapat memahami jalan pikiran anak saya, sudah dapat lebih menyelami dunianya, sudah lebih dapat antisipasi kapan saya harus "menekan tombol" agar emosi saya dapat tertahan dimana sebagai gantinya saya bertindak lebih bijaksana, dan saya juga sudah dapat lebih memberikan kata-kata yang membangun serta teladan melalui sikap dan perkataan saya.

Yup, perjalanan saya masih jauh..jika Tuhan berkenan, anak saya masih akan melewati tahap-tahap perkembangan seorang anak manusia yang berikutnya..Namun saya sangat bersyukur saya diberiNya kesempatan setiap hari untuk belajar menjadi manusia yang lebih baik bagi anak saya..untuk menjadi manusia yang lebih sabar dan bijaksana..untuk menjadi manusia yang lebih mampu mengendalikan diri..untuk terus mau introspeksi diri..

Yes, menjadi orangtua itumemang indah... :)

No comments:

Post a Comment